Minggu, 24 Oktober 2010

~Udang Mantis~

Hayohh Readeerr.. yang punya mata besar dan melotot apa lagi bulett.. mau ngadu mata gak sama hewan yang satu ini ? pasti bakal KALAH deh ! knp ?? CEKIDOT !

Keanekaragaman fauna laut menjadi topik menarik untuk dibahas. Tiap fauna punya ciri khas yang tidak pernah terpikirkan. Salah satu hewan laut yang punya keunikan itu adalah udang mantis (mantis shrimp ). Fauna ini punya mata yang dapat melihat banyak warna bahkan melebihi kemampuan manusia.
Dengan mata super ini, udang mantis bisa melihat 100.000 warna. Wow! Foto: kompas.com
Apa yang membuat udang ini bisa melihat berbagai cahaya? Kita lihat struktur mata udang mantis! Ia memiliki mata faset, yaitu kumpulan mata yang terdapat di dalam mata besar. Nah, udang mantis memiliki 10.000 mata kecil (ommatidia ) di setiap matanya.
Mata besar udang mantis terbagi ke dalam tiga bagian yang memiliki tugas berbeda-beda. bagian atas berfungsi untuk medeteksi bentuk dan gerakan. Keistimewaan ini bisa membuat udang mantis melihat sebuah benda dengan sisi dan warna yang berbeda.
Mereka pun dapat membedakan 100.000ragam warna. Itu berarti 10 kali lipat dari kemampuan mata manusia. Udang semantis juga bisa melihat sebuah jenis warna yang bernama circular polarized light (CPL). Kemampuan ini tidak bisa dimiliki hewan lain, lho.
Mata super dan ajaib itu membantu udang mantis untuk medeteksi musuh dan mangsanya. Bahkan kemampuan itu digunakan untuk mengenali pasangannya saat musim kawin tiba. Tapi, kemampuan itu hanya dimiliki beberapa spesies mantis saja. Benar-benar menarik!
For Gambar Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar